Selain Kurma, 4 Makanan Ini Bisa Pulihkan Energimu dengan Cepat Saat Buka Puasa


Di bulan Ramadan yang suci ini, seluruh umat muslim di penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa selama satu hari penuh. Karena tidak makan selama satu harian penuh, tentu kita akan kehilangan energi. Untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh yang sudah hilang, maka kita dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Salah satu makanan yang paling dianjurkan untuk berbuka puasa adalah kurma.


Kurma mengandung karbohidrat tinggi dan fruktosa. Jenis gula alami yang disebut dengan fruktosa ini nantinya akan diolah tubuh sebagai sumber energi.
Itulah sebabnya, dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa dapat mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.
Selain itu, kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang dan menangkal radikal bebas.

Selain kurma, ternyata ada beberapa makanan lain yang sangat baik untuk memulihkan kembali energimu yang hilang setelah seharian berpuasa.

Berikut beberapa makanan lain yang baik untuk memulihkan kembali energimu yang hilang setelah seharian berpuasa:

  1. Madu
    Madu mengandung kalori yang tinggi karena ia kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa dan glukosa. Selain gula alami, madu juga mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Oleh karena itu, madu sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.
  2. Pisang
    Ketika kalian sedang berada di luar rumah, pisang bisa menjadi salah satu alternatif yang sehat untuk berbuka.Selain mudah dimakan, kandungan buah pisang yang sebagian besar terdiri dari serat dan gula juga bisa jadi pendongkrak energi setelah seharian berpuasa. Buah pisang juga dapat menimbulkan efek rasa kenyang yang lebih lama. Tak hanya itu, buah dengan tekstur yang lembut ini juga sehat untuk pencernaan. Kandungan kalium yang ada di dalam pisang akan membantu tubuh menurunkan tekanan darah.
  3. Abu Jalar
    Selain rasanya yang manis, ubi jalar juga mengandung karbohidrat yang tinggi, vitamin A dan vitamin C yang berpotensi mengurangi rasa lelah pada tubuh. Meski memiliki cita rasa yang manis, kandungan serat pada ubi jalar justru memperlambat penyerapan gula. Sehingga, ia bagus untuk mencegah terjadinya peningkatan gula darah.
  4. Apel
    Apel menjadi salah satu buah yang paling aman dikonsumsi selama diet. Walaupun rendah kalori, apel dapat menghasilkan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Manisnya Kolak Pisang Saat Buka Puasa, Bikin Mood Jadi Good! Air, vitamin B, kalium dan zat besi yang terkandung pada apel mempengaruhi fungsi jantung dan otot. Sehingga membantu memulihkan energi setelah puasa dengan cepat.




Comments