Rasa Kurma Ruthab

Rasa dari kurma ruthab atau kurma muda ini tergantung dari tingkat kementahan dan warnanya. Jika yang berwarna kuning atau hijau dengan bentuk yang agak kecil atau yang berwarna merah dengan bentuk yang besar, rasanya agak pahit keset, dan kalau yang setengah matang, enak sekali manis keset persis seperti rasa sawo, biasanya kalo yang setengah matang itu ujung depannya lembek dan berubah warna menjadi kecoklatan.

Dan untuk yang berwarna kuning yang ukuran kecil, Anda tinggal makan semua bagian yaitu bagaian matang dan bagian mentah, sehingga akan terjadi sensasi perpaduan dua rasa, keset dan manis lezat yang membuat anda ingin makan lagi dan lagi.

Untuk mendapatkan kurma ruthab atau kurma muda masih sedikit sulit, karena jenis kurma ini adalah kurma segar yang mempunyai daya tahan hanya beberapa hari saja jika tidak ditaruh di dalam freezer. Artinya buah ini akan menjadi matang dan lembek jika dalam beberapa hari saja berada di tempat terbuka atau tidak berada di dalam freezer. Tidak seperti kurma ambar atau kurma ajwa yang mampu bertahan lama, kurma ruthab sulit didatangkan jika menggunakan pengiriman reguler atau via cargo yang memakan waktu 15 – 30 hari. Jadi bisa dibayangkan kurma mudanya tentu saja akan busuk di jalan.

Comments