Kurma Ruthab

Kurma ruthab sering disebut juga kurma muda karena memang kurma ini dijual dalam keadaan masih muda, segar dan belum dikeringkan. Kurma ruthab jarang kita temukan di pasar Indonesia karena umumnya distributor kurma tidak berani menyetok kurma ruthab dalam jumlah yang banyak karena jual kurma ruthab ini tidak tahan lama, warnanya mudah berganti menjadi cokelat dan mudah masak menjadi jenis kurma pada umumnya.

Ciri dari kurma ruthab yaitu bentuk kurma ruthab lebih kecil dari kebanyakan kurma lain, mempunyai rasa yang sepat, tektur buah kurma ruthab masih sedikit keras karena belum benar-benar matang dengan daging dibagian dalam warna putih seperti daging kelapa. Kelebihan kurma ruthab yang masih mudah tentunya sangat fresh tidak seperti kurma lain yang sudah mengalami proses pengeringan. Kandungan kurma ruthab hampir sama dengan jenis kurma pada umumnya yaitu berbagai jenis Vitamin (A, B, C dan K), zat besi, klorida, kalsium dan yang membedakan dengan jenis kurma lain yaitu kandungan neurohipofisa dan hormon biostin yang mampu bekerja sebagai oksitosin. Kurma ruthab terdiri dari kurma hijau, kurma merah, dan kurma kuning.
Harga kurma ruthab di pasaran di bandrol dengan harga Rp.340.000 – Rp400.000 per kilo ada juga yang jual kurma ruthab dengan ukuran 500 gram atau setengah kilo. Mendatangkan kurma ruthab atau kurma muda bukanlah hal yang mudah karena jenis kurma ruthob hanya bertahan beberapa hari sementara jika menggunakan pengiriman jasa kurir dari Saudi Arabiah membutuhkan waktu 10 sampai 15 hari perjalanan hal itu membuat kurma ruthab akan busuk di perjalanan. Tidak sembarang penjual kurma yang menyediakan kurma ruthab dalam daftar dagangannya, hanya distributor yang punya kerja sama dengan importir  dari Saudi yang bisa mendatangkan kurma ruthab.

Comments